Surat #1124 Put

Teruntuk: Put

Percayalah, sebaik-baiknya berteman adalah berteman dengan diri sendiri. Sebaik-baiknya memahami adalah memahami diri sendiri. Karena, sesuka apa pun dan sesayang apa pun seseorang kepada dirimu, belum tentu mereka bisa mencintai dan menerima masalah yang kamu miliki.

Beberapa orang senang menyepi. Menyendiri pada hiruk-pikuk yang senang dinikmati oleh sebagian orang. Bukan berarti dia tidak memiliki teman. Hanya saja mereka telah menyadari bahwa, di antara banyak nyawa yang hadir dalam kehidupannya, hanya sedikit dari mereka yang benar-benar mampu menerima kekurangan yang dia miliki. Selebihnya hanya bisa menilai dan menjatuhkan vonis pada kekurangan tersebut.

Hidup dalam keterasingan itu tidak selalu menyedihkan, karena pulau yang sulit terjamah oleh manusia biasanya menyimpan keindahan yang begitu banyak. Hidup dalam keramaian tidak selamanya membahagiakan. Karena pulau yang terlalu banyak manusia hanya akan menambah kerusakan pada pulau tersebut.

Manusia memang makhluk sosial yang tidak bisa melepaskan diri dari manusia lain. Tapi manusia juga tidak akan mati jika tidak melakukan interaksi sosial dengan manusia lain. Manusia memang harus melakukan simbiosis mutualisme untuk berkembang. Tapi realita yang sering dijumpai, sebagian dari banyak manusia lebih senang menjadi parasitisme dan membuat mati hari-hari orang lain.

Maka dari itu, hidup memang tidak bisa sendiri. Tapi terkadang kesendirian adalah pilihan yang tepat dalam menjalani hidup ke arah yang lebih baik.

Goodluck, ya, semoga kedepannya bisa menjadi lebih baik 🙂

Tertanda: Aku

Untuk user SayaApp atau Hoomn yang ingin ikutan menulis surat di event #TerimaKasihSayaApp, kalian bisa baca ketentuannya di bawah ini, ya! Tabik!

Undangan Menulis Surat di Event Terakhir: #TerimaKasihSayaApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*