Resensi #1 Atheis

Oleh: –

Disclaimer: Rubrik ‘Resensi’ adalah rubrik baru di sayaappgossip. Rubrik ini tidak hanya terbatas pada resensi novel atau buku. Bebas. Kamu mau mencoba meresensi film favorit kamu? Lagu kesayangan kamu? Tempat makan? Tempat melepas penat? Atau. Makanan yang pernah kamu makan bersama mantan kekasih yang telah mengkhianati kamu dengan selingkuh bersama 5 gadis? Boleh. Bebas. Oom akan dengan senang hati menunggu tulisan resensi dari kamu. Resensi kali ini adalah resensi novel berjudul ‘Atheis’.

Atheis adalah sebuah novel yang menceritakan tentang seorang laki-laki yang sangat taat dengan agamanya, begitu pula dengan kedua orang tuanya. Laki-laki itu adalah Hasan. Di sekolahnya Hasan dekat dengan seorang perempuan bernama Rukmini. Semakin hari, semakin Hasan dekat dengan Rukmini, hingga akhirnya mereka saling jatuh cinta. Tapi cinta mereka hanya singgah sesaat. Rukmini dijodohkan oleh kedua orangtuanya. Perjodohan itu membuat Hasan hancur. Untuk menghilangkan bayangan Rukmini dari hidupnya, Hasan semakin taat beribadah.

Beberapa saat berlalu, Hasan bertemu dengan temannya yang bernama Rusli. Rusli memiliki adik yang bernama Kartini. Semenjak perkenalan Hasan dengan Kartini, Hasan sudah mulai jatuh hati dengan Kartini. Bisa dibilang, Kartini memiliki pergaulan bebas. Semenjak Hasan mencintai Kartini, dia pun juga bergaul dengan teman-teman Kartini. Hasan mencoba untuk menyadarkan Kartini dan Rusli, dengan memberikan ceramah-ceramahnya. Tetapi Rusli pandai berargumen. Tanpa disadari, pemikiran-pemikiran Rusli ternyata melekat di kepala Hasan.

Mulanya, Hasan tidak terpengaruh. Namun keyakinanya mulai goyah ketika dia dikenalkan dengan seorang laki-laki yang tidak percaya Tuhan, yaitu Anwar. Sampai akhirnya Hasan terjerumus oleh Anwar. Hasan tidak lagi rajin sembahyang dan dia mulai meragukan Tuhannya sendiri.

Hasan menikah dengan Kartini. Tetapi pernikahan mereka tidak sah menurut agama. Setelah mereka menikah, kehidupan mereka ternyata tidak bahagia. Kehidupan rumah tangga mereka berantakan. Pergaulan Kartini semakin bebas. Lama-kelamaan Hasan cemburu karena hubungan Kartini dengan Anwar semakin dekat. Hasan menganggap Kartini telah selingkuh, tetapi kejadian itu telah menyadarkan kembali Hasan tentang agama. Ia menyesal dan merasa berdosa atas apa yang telah diperbuat.

Pergaulan bebas Hasan dengan teman-temannya yang atheis membuat dia tersesat dan ragu dengan keberadaan Tuhan. Hasan memutuskan bercerai dengan Kartini dan dia pun pulang ke kampung halamannya. Saat tiba di rumah orang tuanya, Hasan meminta maaf kepada ayahnya tetapi ayahnya berkata bahwa ayahnya tidak akan memaafkan Hasan hingga akhir hidupnya. Hasan merasa kalau semua itu terjadi karena perbuatan Anwar, dan Hasan berniat ingin membunuh Anwar. Tetapi saat sedang mencari Anwar, Hasan malah tertembak dan meninggal.

Ada beberapa hal yang aku dapat dari novel ini. Pertama, kalau berteman, kita harus lihat-lihat dulu siapa orang yang akan kita ajak berteman. Maksudnya, kita harus mencari tahu terlebih dulu temen kita itu seperti apa. Baik dan buruknya temen kita seperti apa. Kalau misalnya temen kita melakukan hal yang nggak sewajarnya, kita boleh berteman tapi jangan sampai kita ikut-ikutan tanpa mempertanyakannya.

Kedua, jangan jadi pendendam. Kayak ayahnya Hasan yang nggak mau memaapkan Hasan, padahl ayahnya Hasan tahu betul tentang agama, dan Tuhan juga maha pemaap. Kayak Hasan, misalnya lagi, dia berniat ingin membunuh Anwar tapi malah tertembak. Sebenarnya nggak semuanya salah Anwar, tapi, ya, salah Hasan juga. Kenapa dia mau ikut-ikutan pengaruh dari Anwar.

Ketiga, sama seperti yang pernah Oom bilang waktu itu: jangan mudah goyah dengan pendirian kita.

Keempat, sama lagi seperti yang pernah Oom bilang waktu itu: jangan terlalu cepat mengambil keputusan dan harus memikirkan keputusan itu secara matang.

Kelima, dan terakhir, jangan gampang cemburuan, karena banyak kejahatan yang dilakukan manusia karena rasa cemburu.

Sekian.

NB: Kalau tertarik untuk membaca novel ‘Atheis’, kamu bisa melihat-lihat resensi lainnya di Goodreads, dengan klik link ini, ya.

~

Untuk user SayaApp atau Hoomn yang juga ingin berbagi tulisan (boleh berupa surat, opini, cerpen, kegelisahan, puisi, informasi event, tugas survey dsb), kalian bisa baca ketentuannya di bawah ini, ya! Tabik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*