Surat #649 Para Editor Event #30HariSayaAppMenulisSurat

Teruntuk: Para Editor Event #30HariSayaAppMenulisSurat

Awal mula event #30HariSayaAppMenulisSurat, Oom nggak pernah berpikir kalau surat yang masuk setiap harinya akan ramai.

Target Oom, saat itu, hanya 10 surat perhari. Jadi, Oom tetap bisa fokus mengerjakan tugas dan pekerjaan sehari-hari, sekaligus melakukan editing setiap surat yang masuk. Alasan kenapa Oom harus melakukan editing, sebenarnya sederhana. Oom mikir, surat yang baik adalah surat yang enak untuk dibaca oleh si penerima, bebas dari salah ketik, dan, yang terpenting, tidak mengandung Hate Speech. (Ide dasar dari event ini adalah berbagi kebahagiaan dan mengekalkan kenangan). Oleh karena itulah, Oom merasa perlu melakukan editing, sebelum surat dimuat di sayaappgossip.id dan dikirim ke para penerima surat.

Hari pertama, surat yang masuk masih 7. Hari kedua masih kurang dari 10. Hari ketiga sudah semakin banyak. Sampai akhirnya, surat yang masuk, pernah, 30 surat dalam satu hari. Saat itu, Oom benar-benar kewalahan dan banyak surat yang pada akhirnya tidak dapat dimuat dalam 1 hari, karena keterbatasan waktu untuk melakukan editing. Hingga akhirnya, Oom merasa perlu untuk mencari user yang bersedia untuk membantu melakukan editing surat.

Hal yang membutuhkan kesabaran lebih selain mencintai diam-diam seseorang yang sudah punya pasangan (virtual) adalah melakukan editing surat. Kadang, ada surat yang kesalahan ketik dan struktur kalimatnya, minor, sehingga hanya perlu editing 3-5 menit. Kadang, ada yang kesalahannya hampir 50%, sehingga bisa memakan waktu untuk editing selama 10-20 menit hanya untuk satu surat. Oom sadar, event ini sama sekali non profit (Oom pernah, sih, mengajukan proposal ke Tim Official SayaApp, tapi masih dicuekin dan belum ada balasan sampai sekarang). Artinya, untuk siapa pun yang bersedia untuk membantu Oom dalam event ini, Oom sama sekali tidak bisa memberikan upah atau imbalan apa pun itu. Bahkan, Jasjus pun sama sekali tidak dapat apa-apa setiap kali membantu Oom terkait website, selain ‘Makasih, ya, Jus hehehehe.’. Termasuk para editor.

Oom beruntung bisa bertemu dengan A Stranger, Dulce, Richis dan Kindness. Mereka bersedia membantu dan direpotkan untuk melakukan editing surat, dengan sukarela. A Stranger, Oom merasa punya kemiripan dengan dia, hanya bisa membantu editing satu kali, seperti yang Oom bilang, Oom merasa punya kemiripan dengan dia jadi Oom hargai kalau pada akhirnya A Stranger tidak bisa lanjut membantu editing. Terimakasih, A Stranger! Lumayan, kan, sakit kepala saat editing surat orang lain? Hehe.

Sementa Dulce, doi baru aja jadian, dan karena Oom pernah jatuh cinta juga, uhuk, Oom rasa Dulce perlu waktu lebih untuk menikmati masa-masa merah jambunya bersama ATD. Apalagi, ditengah-tengah, Oom tahu kalau dia sebentar lagi akan ujian, jadi, Oom nggak mau kalau Dulce terpaksa harus memilih. Terimakasih juga, Dulce, sudah membantu editing selama beberapa hari, dan, seperti Oom bilang, kamu punya sense seorang editor yang baik sejak awal, dan Oom suka cara kamu berkisah melalui surat kamu. BTW, selalu ingat pesan Oom yang di Line, ya, Dulce. Dulce baik, makanya Oom mau kamu mendapatkan yang baik juga untuk kedepannya. Salam untuk ATD, Dulce, kapan-kapan ketemuan sama kalian di Hana, ya, sama-sama dengan yang lain juga. Hoho.

Oom beruntung Richis dan Kindness, jomblo dan nggak dalam keadaan akan ujian dalam waktu sebulan. Kalaupun Oom salah, ternyata mereka bukan jomblo, setidaknya waktu mereka seperti seorang jomblo. Atau, kalaupun mereka ga jomblo, Oom curiga, mereka LDR-an.. sama calon jodoh mereka. Terimakasih untuk Richis, yang sudah bersedia bantu editing dari sejak pertama sampai selesainya event ini. Walau di awal editing kamu masih banyak terdapat kesalahan minor, semakin hari cara editing kamu semakin baik dan lebih sabar. Hoho. Apalagi kamu terhitung cepat melakukan editing. Dan selalu siap sedia, setiap kali Oom minta untuk editing. Melalui surat ini, Oom juga mau minta maap, Cis, karena janjinya mau nulis surat pas hari ulangtahun kamu, pas tanggal 28 Mei 2017, eh, ternyata, tanggal 28 Mei itu adalah Hari #30 sekaligus Hari Terakhir event, dan surat yang masuk benar-benar sugoi desu ne. Total 90 surat yang masuk, dan semuanya harus dimuat dalam satu hari yang sama, walaupun pada akhirnya 20-30 surat dimuat dan dikirim lewat dari tanggal 28 Mei. Oom senang bisa bertemu dan berkenalan dengan kamu, Cis. Eh, ini ulangtahun ke berapa, Cis? 29? 39? Yah, nggak jauh-jauh dari itulah, ya, kan, Cis? Behihihik. Semoga umur panjang, Cis, semoga cepat menikah karena event sudah selesai. Ha-ha-ha. Dan. Jangan menggantung anak orang, Cis, nanti emaknya marah, kamu dikutuk jadi patung jerapah. Sukses buar karirnnya kamu, Cis! Kapan ketemu, ingatkan Oom buat traktir kamu, Cis, sebagai hadiah ulangtahun. Budget Rp19.500 tapi, ya, Cis. Wok-wok-wok.

Terakhir untuk Kindness, yang juga sudah menemani Oom editing dari sejak pertama sampai detik-detik terakhir event, sampai-sampai Oom Line, eh, ternyata dia udah ketiduran. Padahal, pagi harinya dia bilangnya gini ‘Oom, nanti ditemenin editing sampai selesai, deh’ (kira-kira gitu, deh). Eh, nggak tahunya, malah ketiduran. Gombal kamu, Kindness. Oom nggak akan baper, tauk. Sinih Oom sentil jakunnya. Dari semua editor, Kindness adalah satu-satunya yang paling sering ngomel ini-itu dan memaki ini-itu, setiap kali menemukan surat yang benar-benar brengsek—ini istilah yang dia pakai. Ha-ha-ha. Tapi pada akhirnya bisa menyelesaikan sampai akhir, kan?

Terimakasih untuk A Stranger, Dulce, Richis dan Kindness. Bantuan kalian benar-benar sangat berarti, dan Oom nggak tahu gimana event ini tanpa kalian. Terimakasih untuk waktu dan tenaga kalian.

Dan.

Terimakasih :))

Tertanda: Oom-nya Kamu

~

Untuk user SayaApp atau Hoomn yang ingin ikutan menulis surat juga di event #30HariSayaAppMenulisSurat, kalian bisa baca ketentuannya di bawah ini, ya! Tabik!

#30HariSayaAppMenulisSurat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*